Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela

Saat iseng-iseng browsing internet saya menemukan tulisan yang memberi inspirasi tentang hidup dan pendidikan secara khusus. Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela itu judul sebuah Novel yang menjadi rujukan penyampaian pesan moral pendidikan oleh penulis.


Novel Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi merupakan sebuah novel anak-anak yang berasal dari Jepang dan merupakan salah satu novel best seller yang cukup terkenal. Novel ini menceritakan kisah nyata dari kehidupan yang telah dialami oleh pengarang. Kisah pada novel ini menceritakan pengalaman pengarang saat duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) kelas satu yang ketika itu sedang berlangsung perang dunia kedua.

Ringkasan Novel

     Totto-chan ( panggilan pengarang ), merupakan seorang gadis cilik yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Akan tetapi, akibat rasa ingin tahunya yang besar tersebut dia dikeluarkan dari sekolahnya. Kegemarannya berdiri didepan jendela dianggap oleh guru-guru disekolah sebagai sebuah kenakalan.
     Setelah dikeluarkan dari sekolah, Totto-chan didaftarkan oleh ibunya ke sekolah Tomoe ( Tomoe Gakuen ). Di sekolah barunya Totto-chan merasa sangat gembira. Hal tersebut dikarenakan apa yang dijalaninya di Tomoe sangat berbeda dari sekolahnya yang lama bahkan mungkin sekolah-sekolah lainnya pada waktu itu. Di Tomoe, murid-murid belajar di gerbong kereta yang dijadikan sebuah kelas, sehingga Totto-chan dan teman-temannya dapat belajar sambil menikmati pemandangan diluar gerbong dan membayangkan sedang melakukan perjalanan. Selain itu, di Tomoe murid-murid diperbolehkan untuk mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan mereka. Hal-hal itulah yang membuat sekolah tersebut menjadi unik.
     Di Tomoe, Totto-chan tidak hanya belajar mengenai pelajaran akademis semata, tetapi dijuga belajar tentang nilai-nilai kehidupan, seperti tentang persahabatan, rasa hormat, menghargai dan menghormati orang lain serta kebebasan untuk menjadi diri sendiri.Meskipun mungkin dia belum saja menyadarinya. Selanjutnya Totto-chan mengalami berbagai kisah dan cerita dalam kehidupan sehari-hari yang dilaluinya di Tomoe Gakuen, tentunya juga dengan kepolosan yang dimiliki.

Dari uraian  ringkasan novel di atas membuat saya makin penasaran untuk membacanya. Alhamdulillah saya berhasil menemukan Novel tersebut full dalam bentuk PDF. Bagi yang berminat untuk membacanya dapat men-download. Semoga setelah selesai membacanya akan ada wawasan, pengalaman dan pemahaman baru yang nantinya dapat kita diskusikan dan bagikan untuk orang lain. Terimakasih semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela"

Posting Komentar