Renungan Hari Pahlawan

10 November, selalu menjadi hari yang diingat dan diperingati oleh negeri ini. Sudah seperti kebiasaan, peringatan dilaksanakan di berbagai kesempatan dan berbagai cara. Berbagai perlomba diadakan, berbagai kemeriahan digelar, yang ini semua menghabiskan dana yang tak sedikit. Tapi apakah ini yang diinginkan mereka (pahlawan). Mereka tak pernah mengharapkan segala bentuk upacara dan penghargaan, mereka penuh keikhlasan, ketulusan berkorban demi kemerdekaan.
Mereka dilahirkan karena keadaan, keadaan yang menuntut pengorbanan dan kerelaan untuk berjuang. Apakah yang kita lakukan sekarang t'lah membuat mereka tersenyum dan merasa bangga atas segala pengorbanan mereka. Mungkin kalau kita melihat dan mendengarnya, hanya duka dan kesedihan yang ada. Kemegahan dan kemewahan upacara peringatan, perlombaan tak akan mampu menghapus air mata mereka.
Kita seringkali hanya terjebak pada kulit luar saja, kita melupakan isi dan makna hari pahlawan yang sesungguhnya. Apa yang ditinggalkan mereka, keikhlasan, kejujuran, mengutamakan persatuan, keharmonisan dalam perbedaan. Itu yang patut kita tunjukan dan teruskan untuk bangsa dan  negara kita.
Tak semua pahlawan berseragam dan memanggul senjata. Ada pahlawan olahraga seperti Rudy Hartono, pahlawan sastra Rendra dan Pramudya, pahlawan budaya seperti pelukis Affandi. 
Tak semua yang pahlawan merasa diri menjadi pahlawan. TKI diam-diam adalah "pahlawan devisa' yang berjuang dan berkorban dinegeri orang. Kita semua bisa dan wajib jadi pahlawan dalam hidup ini. Pahlawan bagi keluarga, pahlawa bagi pendidikan, pahlawan bagi kemanusian. Apapun yang kita lakukan selama itu menjungjung tinggi sifat kepalawanan dan mengutamaan ke-Indonesia-an (kebersamaan) diatas segala perbedaan. Kita telah menjadi pahlawan.

Jangan berhenti berjuang...!!!
Teruslah berjuang hingga tanpa  sadar kita telah terlahir menjadi pahlawan.

TERUSLAH BERJUANG PAHLAWAN, HARUMKAN NEGERI INI...!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Renungan Hari Pahlawan"

Posting Komentar